Lmd Makin Serius Di Bisnis Cloud Computing

Lmd Makin Serius Di Bisnis Cloud Computing

JAKARTA, KOMPAS.com

LMD (Lintas Media Danawa) tampaknya makin serius menggeluti layanan cloud computing di Indonesia. Setelah sebelumnya meluncurkan Cozy yang merupakan layanan on demand cloud server pertama di Indonesia, Rabu (23/6) kemarin LMD meluncurkan layanan Software as a Service (SaaS) berbasis cloud. Menggandeng Netsuite Inc, LMD menawarkan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) dan CRM (Customer Relationship Manager).

Dengan konsep SaaS ini, LMD memberikan layanan berbasis pemakian (pay as you go). Hal ini memungkinkan bagi pelanggan untuk tidak perlu lagi berinvestasi hardware, tidak perlu membayar lisensi OS, lisensi database, lisensi aplikasi, atau lisensi add-on lainnya. Dengan demikian pelanggan bisa menghemat biaya pengoperasian aplikasi ERP hingga 50%. “Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan capital ependiture yang besar di awal, dan ini tentu akan mengurangi risiko bagi perusahaan,” ujar Arief R Yulianto, Direktur Utama LMD.

LMD memilih menggandeng Netsuite sebagai penyedia aplikasi dengan pertimbangan bahwa Netsuite merupakan penyedia layanan business suite (CRM, ERP, dan e-commerce) berbasis SaaS pertama dan terbesar di dunia. “Netsuite adalah the fastest growing ERP solution di dunia menurut IDC dan Gartner. Jumlah pelanggan Netsuite mencapai lebih dari 7 ribu perusahaan,” kata Joni Angkasa, South East Asia Regional Channel Manager Netsuite.

LMD adalah anak perusahaan Lintasarta yang didirikan sejak 2008. Perusahaan ini merupakan hasil kolaborasi tiga perusahaan, yaitu Lintasarta, Kompas Gramedia Grup, dan Danawa Indonesia.