“On-Demand Cloud Service” Pertama Di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com

vpcondemand

PT. Lintas Media Danawa (LMD), anak perusahaan Lintasarta, meluncurkan Cozy (www.cozy.co.id), layanan on demand cloud service pertama di Indonesia. Menurut Arief R. Yulianto, Direktur Utama LMD, layanan ini memberikan fleksibilitas biaya yang menarik bagi pelanggan, karena pelanggan hanya membayar sesuai pemakaian (pay as you go).

“Pelanggan membayar sewa server berdasarkan lamanya pemakaian. Jika dalam satu hari hanya memakai selama 1 jam, maka bayarnya juga 1 jam saja. Dengan membayar seperlunya saja, maka biaya IT dapat ditekan,” ujarnya.

Layanan berbasis on demand ini juga sangat cocok bagi perusahaan yang butuh kapasitas besar pada saat-saat tertentu saja. Misalnya pada akhir bulan, di mana dibutuhkan banyak pemrosesan data. Pelanggan tinggal melakukan permintaan tambahan kapasitas secara online, dan dalam hitungan menit alokasi resource sudah siap untuk dipakai.

“Kami hanya men-charge sesuai pemakaian, berapa besar RAM terpakai, berapa storage terpakai, dan semuanya dihitung dengan basis per jam,” ujar Arief.

Low cost oriented

Layanan on demand cloud Cozy didesain untuk melayani segmen pasar yang sangat mementingkan efisiensi biaya TI tanpa secara drastis mengorbankan kualitas dan performansi. “Seperti halnya Amazon EC2 atau Rackspace – penyedia cloud terbesar di dunia, sistem kami berbasis open source dan commodity hardware sehingga biaya investasinya cukup rendah. Hal ini membuat Cozy cukup ekonomis bagi pelanggan,” demikian ujar Arief.

“Walaupun demikian kami memiliki tim yang kuat untuk mendukung platform tersebut, sehingga kualitas dan performansi layanan tetap terjaga,” lanjutnya.

Selain itu dalam mengelola layanan cloud ini, LMD bekerja sama dengan Hexagrid (www.hexagrid.com), perusahaan asal Amerika, sebagai penyedia platform dan telah digunakan di banyak negara. VxDatacenter, platform dari Hexagrid ini, adalah layanan manajemen cloud yang terintegrasi (unified solution), yang mencakup virtualisasi, otomasi operasi, high availability, data motion, security, billing integration dan dilengkapi dengan panel dashboard yang sangat informatif bagi pelanggan.

“Kami sangat antusias mendukung LMD memberikan layanan on demand cloud di Indonesia,” kata Suresh Mandava, CEO dan founder dari Hexagrid. “Hubungan kami sangat intensif dalam rangka mengembangkan solusi cloud yang cocok buat pasar Indonesia dan kami yakin dengan pengalaman yang dimiliki LMD serta dikombinasikan dg platform kami, Cozy dapat menjadi layanan on-demand cloud terkemuka di Indonesia,” sambungnya.

Layanan on demand cloud service Cozy dari LMD ini juga bersinergi dengan layanan cloud Lintasarta, sebagai induk perusahaan, yang sudah diluncurkan sebelumnya. “Kami bermain di segmen pasar yang belum terisi oleh Lintasarta, yaitu di segmen pasar menengah dan kecil, sementara Lintasarta lebih fokus ke korporat. Platform kami juga berbeda mengingat segmen ini lebih ke arah low cost. Secara grup, kami saling mengisi,” ujar Arief.

LMD (Lintas Media Danawa) adalah anak perusahaan Lintasarta (www.lintasarta.net), perusahaan ICT terkemuka di Indonesia saat ini. LMD didirikan tahun 2008 dengan mengusung visi untuk menjadi pemain terkemuka di bisnis software, cloud dan outsourcing. Walaupun baru menginjak tahun ke-3, sebenarnya LMD sudah mempunyai pengalaman dan expertise yang sebelumnya berada di Lintasarta. Semua infrastruktur cloud Cozy (www.cozy.co.id) juga berada di Data Center Lintasarta yang didukung sertifikasi ISO 27001 tentang security. LMD didukung oleh kombinasi tenaga-tenaga ahli berpengalaman yang berasal dari Lintasarta dan antusiasme tenaga muda profesional yang kami rekrut dari industri TI Indonesia.