3 Jenis CRM untuk Membantu Meningkatkan Bisnis Anda - eBesha
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

3 Jenis CRM untuk Membantu Meningkatkan Bisnis Anda

Tiga jenis CRM (Customer Relationship Management) yang dapat di manfaatkan pada bisnis ialah proses pemasaran, proses penjualan, dan layanan pelanggan, yang intinya adalah agar siklus interaksi calon pelanggan sampai dengan menjadi pelanggan akan tercatat rekam jejak datanya dalam CRM, yang kemudian data tersebut di analisa untuk menentukan strategi yang tepat pada bisnis Anda.

Pemahaman CRM (Customer Relationship Manajemen) adalah strategi bisnis untuk mengelola hubungan antara bisnis dan pelanggan yang dituangkan pada sistem untuk mempermudah pengelolaan dan memotong bisnis proses perusahaan agar lebih efisien, efektif, menarik prospek penjualan, konversi menjadi pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap loyal.

 

Tujuan dari CRM adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada. Karena kunci sukses dari bisnis sangat tergantung seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai serta mempertahankan kepemimpinan dan profitabilitas tanpa melakukan fokus secara berkesinambungan seperti yang dapat dilakukan dengan CRM.

Baca juga: Manfaatkan CRM & Omnichannel Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Tiga Jenis CRM Untuk Bisnis
Tiga Jenis CRM Untuk Bisnis

Tingkatkan performa bisnis dengan sistem CRM untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Saat ini, pelaku bisnis semakin sadar akan pentingnya membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga pendekatan CRM (Customer Relationship Management) semakin di lirik. Selain itu mengelola hubungan dengan pelanggan, pendekatan CRM juga semakin berkembang sebagai media pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan yang efektif. Berikut tiga modul dalam CRM yang dapat Anda manfaatkan pada bisnis di perusahaan:

CRM Marketing (Pemasaran)

CRM Marketing merupakan strategi yang fokus kepada pelanggan yang baru ingin mulai mengenal produk atau layanan yang ditawarkan, dengan tujuan agar mereka menjadi lebih tertarik sampai terjadinya keinginan untuk ber-transaksi dan ditindaklanjuti oleh tim sales. Saluran promosi atau pengenalan produk pada CRM Marketing bisa berupa web form pada halaman hubungi kami, email blast, WhatsApp blast, ataupun saluran lainnya (Omnichannel) yang berguna untuk melakukan pengenalan produk.

Pada masing – masing saluran tentunya akan terhubung langsung pada sistem CRM. Sebagai contoh pada web form, ketika calon pelanggan mengisi data diri untuk informasi lebih lanjut, maka data tersebut masuk ke database pada sistem CRM untuk ditindaklanjuti oleh tim marketing. Selain beberapa sistem CRM untuk marketing , juga memiliki fitur untuk melakukan perencanaan dan otomatisasi kampanye marketing.

 

CRM Sales (Penjualan)

CRM Sales merupakan strategi lebih fokus terhadap pelanggan, calon pelanggan yang sudah di dapatkan oleh tim marketing, akan ditindaklanjuti oleh tim sales hingga menjadi pelanggan dengan membeli produk dan layanan tersebut.

CRM Marketing membuat audiens tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan, CRM Sales mendorong pelanggan agar melakukan pembelian dan lebih jauh lagi bisa menjadi loyal pelanggan. Manajemen dapat lebih mudah melihat setiap progress pendekatan sales dengan calon pelanggan, hingga menjadi pelanggan dengan berbagai tools yang ada di dalam CRM Sales, antara lain leads management, task management dan lainnya sehingga sales lebih mudah dalam membuat penawaran harga, pemesanan, hingga kontrak.

Baca Juga: Matinya Layanan Pelanggan di Era Digital

 

CRM Service (Layanan Pelanggan)

CRM Service merupakan layanan untuk pelanggan yang sudah di konversi oleh tim marketing dan sales, saat mereka menyampaikan keluhan, mencari informasi tentang produk dan layanan. Saat ini, layanan pelanggan tidak hanya melalui email dan telepon saja, akan tetapi pelanggan dapat tetap terhubung dengan perusahaan melalui banyak saluran lain yang saling terintegrasi atau Omnichannel, seperti media sosial WhatsApp, Telegram, Facebook Message, Instagram DM dan lainnya. Dengan menggunakan CRM Service yang terintegrasi dengan omni channel, perusahaan dapat melihat peluang untuk mengembangkan bisnis, memperbaiki kualitas produk dan layanan, efisiensi operasional layanan pelanggan dan efisiensi infrastruktur layanan pelanggan. Seperti sistem eBesha Omnichannel CRM yang sudah dilengkapi dengan fitur sistem ticketing serta integrasi dengan omni channel seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, email, dan lainnya.

 

Banyak pelaku bisnis berlomba lomba untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan-nya dengan layanan self-service, namun tidak dapat dipungkiri masih banyak pelanggan yang tetap ingin dilayani dengan cepat oleh agent layanan pelanggan, terlebih jika mereka mengalami kendala. Untuk memberikan respon yang cepat serta memberikan solusi yang tepat kepada pelanggan, dibutuhkan sistem pendukung yang komprehensif yang dapat memberikan respon cepat serta solutif kepada pelanggan, namun juga dapat tetap memaksimalkan kapasitas agent layanan peanggan Anda dengan sistem CRM Service yang terintegrasi dengan Omnichannel, seperti eBesha Omnichannel CRM, sistem CRM untuk layanan pelanggan yang terintegrasi dengan omni channel.

Hubungi kami untuk demo eBesha Omnichannel CRM sekarang.

eBesha Omnichannel CRM

Email: hello@ebesha.net
WhatsApp: 0811-8080-580


BERITA TERKAIT LMD