Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

4 Alasan Mengapa Anda Memerlukan CRM

LMD / BERITA / 0 COMMENTS
February 12, 2020

4 Alasan
Mengapa Anda Memerlukan CRM

Mengapa CRM ?
Untuk bisnis yang sukses itu tidak menjadi jauh lebih penting daripada hubungan pelanggan (Customer Relationship Management).
Customer Relationship Management (CRM) membantu mengotomatisasi dan mengelola hubungan pelanggan dari sisi penjualan, pemasaran sampai dengan layanan pelanggan (after sales). CRM menggabungkan informasi pelanggan ke dalam satu penyimpanan sehingga pengguna dapat mengatur dan mengelola hubungan dengan lebih baik, mengotomatisasikan proses umum, dan menyediakan tools untuk memantau kinerja dan produktivitas.

mengapa-crm
4 Alasan Mengapa Anda Memerlukan CRM

Mengapa Pebisnis Memerlukan CRM ?

Para stakeholders ingin bisnis-nya dalam grafik naik keatas, namun menjalin hubungan dengan pelanggan merupakan kunci sukses dalam berbisnis. Untuk itu CRM berperan dalam hal meningkatkan profit perusahaan, mengapa demikian ?

Mudahnya akses data pelanggan.

Sistem CRM (Customer Relationship Management) merupakan database data pelanggan yang dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun, baik dari sisi penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Hal ini merupakan core dari CRM, sehingga data pelanggan dalam satu penyimpanan dan memberikan kemudahan perusahaan dalam mengelolah hubungan yang baik dengan pelanggannya.

Menyederhanakan proses (Automation).

CRM meningkatkan perusahaan dalam optimalisasi alur proses, membuat standar alur kerja terkait dengan penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan untuk meningkatkna koordinasi antar tim.

Meningkatkan loyalitas pelanggan.

After sales service atau layanan pelanggan tidak kalah penting dengan penjualan dan pemasaran. Karena, trend CRM 2020 layanan pelanggan merupakan tolak ukur untuk profit perusahaan. Update-nya informasi perusahaan, kontak dan pencatatan (history) dalam satu sistem CRM memberikan penanganan yang tepat, cepat sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan atas penanganan masalah. Hal ini dapat membuat pelanggan loyal terhadap Brand perusahaan dan menciptakan experience pelanggan.

Profit meningkat, SDM menurun.

Trend CRM 2020 pelanggan disajikan banyak titik media channel dalam menyampaikan keluhan, hal ini mendorong uptade-nya teknologi CRM untuk layanan pelanggan. Omni Channel to One Channel, merupakan solusi untuk monitoring keluhan pelanggan dari berbagai media channel dalam 1 pages. Tentu hal ini dapat menekan anggaran untuk biaya SDM. Perusahaan yang belum memakai CRM, memiliki peluang banyaknya Agen untuk monitoring keluhan pelanggan dari berbagai media channel yang belum tersistem dan terintegrasi dengan CRM.

 

Bahkan saat ini chatbot mengambil peran dalam layanan pelanggan, untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan (sifatnya berulang/umum), kemudian chat akan secara otomatis dijawab oleh “Bot” secara real time. Agen cukup monitoring pada halaman CRM saja, jika pelanggan ingin terhubung dengan Agen, pelanggan cukup melontarkan keyword tertentu (ex: help) yang menghubungkan chatbot dengan Agen.

Melihat hal ini, PT Lintas Media Danawa sebagai perusahaan yang mendapatkan CRM Award tiga kali berturut-turut, memiliki solusi untuk menangani dan mengelola hubugan antar pelanggan bagi perusahaan yang memiliki Customer Service atau Call Center.

 

eBesha
Digital Experience Solution
E: hello@ebesha.net || WA : 0811-8080-580

 

Referensi :
https://blog.capterra.com/12-crm-features-and-why-you-need-them/


BERITA TERKAIT