7 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Omnichannel CRM - eBesha
Logo Lintas Media Danawa

7 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Omnichannel CRM pada Tahun 2023

 

Efisiensi, Produktivitas dan Memperluas Target Market.

Menyambut tahun 2023 dengan segala macam tantangan bagi bisnis, sepertinya tiga hal diatas perlu menjadi perhatian lebih agar bisnis dapat survive. Issue tentang resesi ekonomi di Indonesia pada tahun 2023, sudah bukan lagi berita belaka. Mengapa, hampir kurang lebih 3 tahun sejak 2019 akhir, hingga saat ini masih adanya wabah Covid-19. Sejak wabah ini masuk ke Indonesia, segala aktivitas kita dibatasi dengan tujuan agar wabah ini dapat segera teratasi dan tidak lagi berkembang di Indonesia. Dampak dari ini tentu mengubah secara signifikan kebiasaan masyarakat sehingga aktivitas sosial masyarakat dibatasi (social distancing). Imbas-nya ekonomi mulai terganggu dan mengakibatkan rendahnya daya beli serta perlambatan ekonomi. Hal ini merupakan pemicu resesi, tidak hanya di Indonesia, namun juga mengancam beberapa negara lainnya.

 

Akibatnya, sulitnya bagi bisnis mencapai transaksi dan kurang efektif pemasaran produk, sehingga banyak perusahaan yang tidak dapat survive di masa pemulihan akibat Pandemic Covid-19. Atas dasar ini dan menyambut 2023, bisnis mulai mengatur strategi baru dengan mengusung tiga komponen ini (efisiensi, produktivitas dan memperluas target market) agar dapat survive, dan juga bisnis tetap harus dapat terus berkembang. Bagaimana? Caranya, melakukan transformasi digital. Membuka kanal – kanal media online untuk memasarkan produk, menjangkau target dimanapun berada tanpa adanya halangan jarak dan waktu.

Baca juga: Jangkau Pelanggan UMKM Lebih Luas Dengan Omnichannel CRM

 

Berikan Kemudahan Pada Pelanggan Untuk Mencari Informasi

Perusahaan dalam menjual dan memasarkan produk kepada target market customernya, dapat melakukan promosi pada dunia digital.  Mengingat saat ini media digital lebih banyak digunakan dibandingkan media konvensional. Perusahaan dapat mencoba dari platform media digital yang sering digunakan untuk mempromosikan produk, menjangkau lebih luas target market dan memudahkan pelanggan dalam mencari informasi, seperti melalui website, penawaran menarik melalui email blast, e-commerce, WhatsApp, Instagram, Facebook dan platform digital lainnya.

 

Perusahaan tentu menggunakan berbagai macam platform untuk customer dan calon customernya memilih media mana yang paling nyaman mereka gunakan. Setelah menyediakan banyak pilihan untuk customernya, tentu perusahaan juga perlu mencari cara untuk memudahkan kerjanya dalam memberikan kepuasan kepada customernya. Bisnis perlu Omnichannel CRM sebagai pilihan yang tepat untuk di gunakan.

Baca Juga: Dampak Buruk Jika Media Channels Tidak Terintegrasi Dengan CRM

Cara kerja Omnichannel adalah dengan menyatukan berbagai platform tersebut kedalam satu dasbor, sehingga seseorang yang bertanggung jawab pada sosial media tidak perlu membuka platform tersebut satu persatu yang tentunya kurang efisien dari segi waktu.

Bisnis Perlu Omnichannel CRM
7 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Omnichannel CRM pada Tahun 2023

Inilah 7 Alasan Mengapa Omnichannel CRM Penting Bagi Bisnis

Sebelumnya perlu diketahui, apa itu Omnichannel dan CRM.

Omnichannel adalah menghubungkan semua saluran (channel) interaksi yang ada, baik online maupun offline, untuk menghasilkan satu interaksi yang mulus dengan konsumen. Sedangkan CRM adalah merupakan strategi bisnis mengelola hubungan pelanggan dengan perusahaan, mulai dari pemasaran produk & jasa, penjualan, hingga layanan pelanggan. Berikut 7 alasan yang membuat perusahaan perlu menggunakan solusi Omnichannel CRM:

Menyatukan berbagai platform yang digunakan.
Dengan Omnichannel CRM, perusahaan bisa mengelola berbagai platform yang digunakan dalam satu dasbor saja.

Meningkatkan efektivitas & Memberikan Efisiensi.
Bisnis perlu Omnichannel CRM, karena memberikan proses pemasaran produk, penjualan produk, sampai dengan after sales service tidaklah lagi sulit. Dengan memaksimalkan penggunaannya, urusan bisnis menjadi semakin efektif dan efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya.

Meningkatkan produktivitas.
Perusahaan sudah ke ranah digital dengan membuka berbagai platform untuk pemasaran, semula harus memantau platform yang digunakannya satu persatu, sekarang tidak lagi dengan Omnichannel CRM. Penggunaan Omnichannel membuat perusahaan dapat memanfaatkan waktu lainnya untuk lebih fokus pada perkembangan bisnisnya.

Menentukan target pemasaran yang tepat.
Terpusatnya data pelanggan dan interaksi setiap pelanggan pada CRM, maka perusahaan mengetahui karakteristik setiap customernya. Dengan demikian perusahaan dapat dengan mudah menyusun dan menentukan strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran pada produknya.

Memberikan pengalaman terbaik bagi customer.
Bisnis perlu Omnichannel CRM, karena memberikan pengalaman yang mengesankan bagi customer. Karena memberikan banyak keuntungan bagi customer dari segi pencarian produk, pemilihan produk, pembelian produk serta pengembalian atau penukaran produk jika dibutuhkan. Dengan opsi opsi tersebut, customer merasa nyaman dan senang berbelanja produk yang perusahaan hasilkan.

Meningkatkan penjualan.
Bila customer nyaman dengan service yang perusahaan berikan, customer pasti memperoleh pengalaman yang memuaskan sehingga membuatnya menjadi loyal. Customer akan selalu menggunakan dan membeli produk perusahaan serta bisa mempromosikan juga menggunakan metode Word Of Mouth.

Sentralisasi data pelanggan & interaksi pelanggan.
Customer Relationship Management (CRM) menjadi tempat penyimpanan data pelanggan yang terpusat. Tidak hanya data pelanggan saja, tetapi interaksi yang di dapat dari setiap channel – channel layanan pelanggan, mengetahui service atau history pembelian pelanggan yang kemudian perusahaan dapat menjadikannya bahan evaluasi dan inovasi terkait produknya.

 

Baca Juga: Cara Memilih Aplikasi CRM & Omnichannel yang Baik Untuk Bisnis

 

Solusi Omnichannel CRM memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan suatu bisnis. Perusahaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien dalam mencapai targetnya ditahun 2023. Selalu maksimalkan peran digital untuk bisnis lebih berkembang. Saat ini solusi penyedia layanan Omnichannel CRM sudah banyak, dan Anda dapat memlilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda ingin mencari penyedia layanan Omnichannel CRM di Indonesia, Anda dapat menggunakan solusi eBesha Omnichannel CRM.

eBesha Omnichannel CRM, solusi CRM Service yang sudah terintegrasi dengan Omnichannel, memudahkan bisnis dalam mengelola data pelanggan, interaksi pelanggan, menangani keluhan pelanggan dan mudahnya memberikan respon kepelanggan dalam satu dasbor Omnichannel.

 

Informasi & diskusi lebih lanjut:
Email: hello@ebesha.net
WhatsApp: 0811-8080-580
Diskusi & Meeting Online: https://bit.ly/diskusiebeshacrm
www.ebesha.net

eBesha Omnichannel CRM


BERITA TERKAIT LMD