7 Trend Teratas Teknologi Layanan Pelanggan 2022 - Omnichannel CRM
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

7 Trend Teratas Teknologi Layanan Pelanggan 2022
Salah Satunya Omnichannel CRM

Teknologi Layanan Pelanggan Omnichannel CRM
Pada tahun lalu, Omnichannel CRM menjadi primadona yang diminati oleh pebisnis sebagai strategi memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Mereka setuju bahwa memberikan pelayanan terbaik akan memberikan dampak positif pada pertumbukan bisnis mereka. Untuk mencapai hal itu, teknologi layanan pelanggan harus dapat membuat seluruh proses bisnis berpusat pada pelanggan dan memberikan beberapa pilihan saluran untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Atas dasar itu, perusahaan saat ini berani berinvestasi besar – besaran untuk meningkatkan kualiatas layanan pelanggan, diyakini dengan mengadopsi teknologi layanan pelanggan ROI yang didapatkan jauh lebih baik dan efisien. Berikut beberapa trend teknologi layanan pelanggan di tahun 2022, Omnichannel CRM tetap menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan Dengan Omnichannel CRM

7 Trend Teknologi Layanan Pelanggan Yang Wajib di Terakpkan Pada Bisnis Anda.

Layanan Pelanggan Omnichannel CRM
Teknologi Layanan Pelanggan – eBesha CRM

  1. Berbagai Macam Saluran Pelanggan (Omnichannel)
    Trend teknologi layanan pelanggan omnichannel memberikan pilihan pelanggan dalam menghubungi perusahaan memalui, email, website, telepon, live chat, instant messenger dan sosial media, dll. Mengadopsi trend teknologi omnichannel, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus dan kepuasan pelanggan yang maksimal. Agent dapat dengan mudah tangani keluhan dari berbagai saluran tersebut dalam satu dashboard.
  1. Call Center
    Telepon atau call center tetap menjadi pilihan favorit pelanggan dalam pemecahan suatu masalah yang dihadapi, ini sangat penting dalam kesuksesan dan efisiensi layanan pelanggan. Penyelesaian masalah melalui telepon adalah indikator yang bagus dari kepuasan pelanggan. Dengan penanganan yang cepat loyalitas pelanggan dan hubungan dengan pelanggan pun dapat diraih. Dapat disimpulkan bahwa layanan pelanggan melalui telepon bermanfaat bagi bisnis.
  1. Dukungan Otomatis Dengan Chatbot
    Salah satu strategi menciptakan pengalaman pelanggan yang baik adalah menggunakan chatbot. Teknologi ini dapat memberikan waktu respon yang cepat dan tepat tanpa campur tangan agent, sehingga pelanggan dapat memecahkan kesulitan atau permasalahan mereka secara mandiri. Chatbot dapat diimplementasikan pada saluran layanan pelanggan live chat dan instant messenger, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Instagram DM.
  1. Mobile Apps
    Memberikan kesan personalisasi, dengan mengadopsi teknologi mobile apps pelanggan merasakan kenyamanan dalam menghubungi layanan pelanggan. Seperti melaporkan permasalahan, layanan live chat yang sudah dilengkapi dengan chatbot dan informasi seputar layanan atau produk yang digunkan. Dengan memberikan personalisasi, ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
  1. Machine Learning untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
    Machine learning dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, seperti pada chatbot dapat didukung dengan Artificial Intelligence. Perusahaan memanfaatkan ini untuk mengurangi biaya dan meningkatkan dukungan bagi pelanggan.
  1. User Experience Kunci Layanan Pelanggan
    Keberhasilan bisnis ditentukan oleh pengguna akhir atau pelanggan. Pengalaman pelanggan sangat berarti jika ingin bisnis berkembang dan menciptakan ROI terbaik.
  1. Customer Relationship Managemen (CRM)
    Dari banyaknya saluran pelanggan, pada akhirya harus ada sistem yang menjadi pencatat dan pengelolah dari keluhan pelanggan. CRM saat ini jauh lebih berkembang dan sudah terintegrasi dengan Omnichannel. Agen tidak perlu lagi repot dalam memonitor saluran pelanggan, cukup dalam satu dabor dan dapat ditindaklanjuti sebagai ticket agar lebih mudah manajemen dalam memantau perkembangan dari setiap permasalahan pelanggan.

Tujuh trend teknologi layanan pelanggan diatas wajib di terapkan jika Anda ingin bisnis dapat terus berkembang, menciptakan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan. Beberapa teknologi diatas ada pada eBesha CRM, salah satu penyedia solusi layanan pelanggan di Indonesia.

 

Diskusi dengan kami:

eBesha
Digital Experience Solution
E: 
hello@ebesha.net || WA: 0811-8080-580


BERITA TERKAIT LMD