Bisnis UMKM Meroket Dengan Solusi CRM - Transformasi ke Digital
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Bisnis UMKM Meroket Dengan Solusi CRM (Customer Relationship Management)

Bisnis UMKM Dengan Solusi CRM – Pelanggan merupakan aspek bisnis yang utama, tanpa pelanggan target penjualan tidak bisa tercapai dan daya jual perusahaan menjadi menurun. Agar target penjualan tetap tercapai, pentingnya solusi CRM (customer relationship management) bagi bisnis untuk menjalin hubungan secara personal antara pelanggan dengan penjual, dengan tujuan pelanggan tetap setia pada produk atau jasa yang digunakan. Selain itu, CRM diterapkan untuk menemukan calon pelanggan baru, pengumpulan data, pengorganisasian, dan pengelolaan informasi pelanggan.

Apakah CRM hanya dapat digunakan untuk bisnis skala besar saja?

CRM tidak hanya dapat digunakan oleh bisnis berskala besar dengan basis data pelanggan yang besar saja, namun juga dapat digunakan oleh perusahaan dengan skala kecil dan menengah. Dengan CRM pebisnis dapat menyimpan data pelanggan dalam satu sistem, melacak dan merampingkan proses bisnis, sehingga sistem CRM dapat menjadi salah satu solusi manajemen paling kuat bagi bisnis Anda.

Transformasi ke Platform Digital, UMKM Memiliki Strategi Baru!

Pandemi Covid-19 menjadi alasan para pelaku UMKM berinovasi dan mengikuti prilaku konsumennya untuk dapat bersaing. Menjadi point penting untuk menjajaki platform digital agar profit bisnis terus meningkat dan dapat menyiapkan strategi bisnis yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Namun disamping itu ada tantangan tersendiri, mengenai data pelanggan, cara komunikasi dengan pelanggan, menjaga kepercayaan pelanggan dengan produk atau jasa yang kita berikan dan keluhan pelanggan yang harus di respon dengan cepat. Untuk itu UMKM memerlukan solusi CRM untuk mengatasi tantangan ini.

Solusi CRM untuk UMKM
Solusi CRM untuk UMKM

Solusi CRM untuk Pelaku UMKM

Memberikan kemudahan untuk pelaku UMKM dalam transformasi ke digital, CRM mencatat, menghubungkan data pelanggan dalam satu sistem CRM untuk memudahkan pelaku bisnis melihat pelanggan mereka. Jika pelaku UMKM memiliki beberapa cabang di setiap wilayah, makan data pelanggan tetap satu sistem CRM yang dapat diakses beberapa cabang. 

Akibatnya Jika Layanan Pelanggan Menggunakan Omnichannel CRM

Sentralisasi data pelanggan sangatlah penting, data tersebut dapat dijadikan pelaku UMKM untuk memberikan promo dan informasi mengenai produk terbaru. Selain itu, jika pelanggan melaporkan keluhan atas produk yang mereka beli, pelaku UMKM tahu profile pelanggan tersebut, serta produk yang mereka beli. Dengan begitu pelanggan merasakan pengalaman berbelanja yang menarik dan mudah.

Manfaat CRM untuk UMKM

 

Apakah Anda sudah menggunakan CRM untuk meningkatkan profit? Hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut ke hello@ebesha.net dan WhatsApp 0811-8080-580

 

eBesha
Digital Solution
www.ebesha.net


BERITA TERKAIT LMD