Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Ciptakan Kesetiaan Pelanggan Dengan Chatbot

LMD / BERITA / 0 COMMENTS
February 5, 2020

Ciptakan Kesetiaan Pelanggan Anda Dengan
Chatbot – Customer Loyalty

Chatbot di tahun 2020, Artifical Intelegence atau kecerdasan buatan, berperan penting untuk meningkatkan pelayanan pelanggan serta penjualan sekitar 30% bagi perusahaan. Pentingnya untuk mengerti pelanggan Anda, tidak hanya mengetahui siapa mereka, menjadi nilai yang penting untuk memberikan layanan lebih baik kepada pelanggan agar membantu bisnis Anda. Hal ini mendorong penerapan Customer Relationship Management (CRM) dengan teknologi yang berkaitan dengan Artificial Intelegence, salah satunya dengan menggunakan Chatbot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan, dapat memprediksi kebiasaan pelanggan dan memberi rekomendasi kepada Agen, sehingga memberikan dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Menggunakan Chatbot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan bagaikan memiliki asisten virtual bagi pelanggan, mulai mempersingkat alur proses yang membosankan hingga mempercepat siklus penjualan. Perubahan paling signifikan yang akan dibawa AI ke CRM melibatkan otomatisasi dan peningkatan alat percakapan yang ada.

 

“Konsistensi di semua titik kontak adalah kunci untuk loyalitas pelanggan (Customer Loyalty)”

chatbot-ebesha
chatbot-ebesha

Trend 2020, CRM sudah mengakomodir media channel cukup banyak, mulai dari Email, Website, telepon, Instant Messenger, Social Media, atau dapat juga disebut sebagai Omni Channel. Semua media tersebut akan di monitoring dengan Agen dalam satu halaman di CRM (Omni Channel to One Channel), tentu hal ini memudahkan Agen dalam monitoring layanan pelanggan. Namun saat ini sebagain besar perusahaan sudah familiar dengan keberadaan chatbot AI dan sudah menerapkan untuk layanan pelanggan mereka.

 

Apa itu chatbot dan apa hubungannya dengan customer loyalty ?

Chatbot sama fungsinya dengan live chat, untuk melakukan interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya (standby Agen). Akan tetapi pada chatbot tidak perlu Agen standby untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan (sifatnya berulang/umum), tetapi chat akan secara otomatis dijawab oleh “Bot” secara real time. Agen cukup monitoring pada halaman CRM saja.

Dalam beberapa tahun ke depan, chatbot CRM yang dikolaborasikan Artificial Intelegence akan dapat menggunakan titik data untuk memprediksi pertanyaan pelanggan berikutnya atau membuat prediksi tentang informasi tambahan yang mungkin dibutuhkan pelanggan. Wawasan ini akan membantu Agen layanan untuk lebih proaktif dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Dengan demikian respon yang sangat cepat, real time dan tahu apa yang pelanggan butuhkan, memberikan kepuasan kepada pelanggan dan menciptkan loyalitas pelanggan (customer loyalty).

Customer Relationship Management (CRM), Omni Channel, AI (Artificial intelligence) merupakan satu kesatuan yang saling terintegrasi, sehingga CRM banyak dipakai oleh pebisnis dan menjadi tools untuk membangun kesetiaan pelanggan (customer loyalty). Melihat hal ini, PT Lintas Media Danawa sebagai perusahaan yang mendapatkan CRM Award tiga kali berturut-turut, memiliki solusi untuk menangani dan mengelola hubugan antar pelanggan bagi perusahaan yang memiliki Customer Service atau Call Center.

 

eBesha
Digital Experience Solution

E: hello@ebesha.net || WA : 0811-8080-580

 

Referensi :

7 Technologies and Trends to Get Your CRM Ready for 2020


https://financesonline.com/crm-trends/


BERITA TERKAIT