Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

5 Cara Mencapai Kuota Pendapatan Akhir Tahun

LMD / BERITA / 0 COMMENTS
October 16, 2019

5 Cara Mencapai Kuota Pendapatan Akhir Tahun

Focus on the Customer Experience, Q4 bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan hard-sells, tetapi juga harus memikirkan kebutuhan pelanggan”.
Akhir tahun merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tidak hanya berbagai festival, waktu ini juga ditunggu oleh banyak orang untuk sekedar berkumpul dengan keluarga dan merencanakan destinasi liburan selanjutnya. Berbeda halnya dengan sales, akhir tahun sebaliknya akan menjadi waktu yang sangat menegangkan. Customer Experience, Quartal 4 (Q4) merupakan waktu yang tersisa untuk memenuhi kuota pendapatan perusahaan. Meskipun begitu, hal ini seharusnya bukan masalah yang perlu dikhawatirkan. Gunakan strategi berikut untuk mencapai kuota pendapatan akhir tahun!

customer experience
customer experience

Understand the Q4 Customer

Pada akhir tahun, kebanyakan perusahaan menerapkan kebijakan keuangan “use-it-or-lose-it” dimana uang yang tidak digunakan akan hangus atau tidak dapat digunakan pada tahun selanjutnya. Dengan begitu, perusahaan akan cenderung meningkatkan pengeluarannya hingga 5 kali lebih besar dari pada biasanya. Di lain sisi, customer juga cenderung akan berperilaku berbeda daripada biasanya. Customer lebih suka menggunakan uangnya untuk berbelanja atau keperluan lainnya pada akhir tahun. Oleh karena itu, Q4 dapat menghasilkan keuntungan yang besar apabila digunakan secara maksimal. Gunakan uang yang tersisa untuk menghasilkan produk atau layanan yang optimal kepada customer. Berikan juga hal-hal menarik lainnya yang dapat membantu untuk membangun kepercayaan sehingga dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Focus on the Customer Experience

Meskipun customer cenderung akan memiliki anggaran lebih banyak pada akhir tahun, tetapi bukan berarti mereka akan menggunakannya untuk produk dengan harga tinggi. Q4 bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan hard-sells, tetapi juga harus memikirkan kebutuhan pelanggan. Sales juga harus mampu bekerja dengan maksimal untuk memberikan customer experience yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun kepercayaan yang positif.

Prioritize Quality Over Quantity

Pada masa Q4, berfokus pada kualitas lebih baik dari pada kuantitas pembeli. Contohnya seperti orang-orang yang paling mungkin membeli produk Anda atau menghubungi kembali pelanggan lama. Selain itu, terapkan juga metode cross-selling dan up-selling kepada pelanggan yang sudah ada.

Optimize Your Efforts

Lakukan pemeriksaan terhadap aktivitas, proses, dan hal-hal lain yang terkait selama satu tahun terakhir. Perhatikan beberapa data yang menjadi kunci dari keberhasilan penjualan, seperti call rate, win rate, sales cycle length, dll. Hasil dari pemeriksaan tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk mengoptimalkan pendapatan di sisa waktu yang ada dan tahun selanjutnya.

Set Realistic Goal

Q4 merupakan waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan yang realistic. Pada saat ini perusahaan harus mampu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari apa yang sudah dilakukan serta tujuan yang sudah dicapai. Diperlukan juga action plan harian atau mingguan untuk menjalankan berbagai kegiatan demi tercapainya tujuan pada waktu yang tersisa.

 

ebesha-digital-experience-solution
ebesha-digital-experience-solution

BERITA TERKAIT