top of page

Omnichannel CRM - Mobile to Case Aplikasi CRM Indonesia


Omnichannel CRM - Mobile to Case, merupakan salah satu channel yang banyak digunakan pada trend CRM saat ini. Aplikasi CRM Indonesia berlomba lomba menyajikan fitur yang memberikan sensasi dan pengalaman berbeda pada penggunanya. Aplikasi berbasis mobile sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap perusahaan. Pasalnya, penggunaan Smartphone semakin meningkat dan menjadi kebiasaan sehari hari, baik dalam komunikasi, melakukan pekerjaan kantor dan kegiatan lainnya. Menurut data statistik dari lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang, dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa. Hal ini mendorong bagi setiap perusahaan untuk mengikuti kebiasaan dari setiap pelanggannya dalam kebiasaan berinteraksi.


Segala interaksi beralih ke aplikasi mobile, mulai dari melihat informasi perusahaan, produk dan layanan, dan juga melaporkan keluhan pelanggan seperti aplikasi eBesha CX , salah satu aplikasi untuk Mobile to Case yang memberikan kemudahan dalam menyampaikan keluhan hingga monitoring status keluhan pelanggan. Pengguna pun dapat melampirkan foto atau dokumen saat membuat keluhan.

Omnichannel CRM Mobile App Harus Terintegrarsi Dengan CRM

Seiring perkembangan pengguna internet dari desktop ke perangkat seluler, menunjukan bahwa pengguna mengharapkan informasi dapat diakses kapanpun dan manamapun. Sistem CRM pun harus dapat merespon kebiasaan ini dengan menyediakan fasilitas yang dapat terhubung ke berbagai media channel seperti Email, Website, Telepon, Chatbot, Instant Messenger dan Sosial Media, melalui aplikasi berbasis mobile. Sehingga Perusahaan dapat menganalisa tentang kebiasaan pelanggan sebagai bahan evaluasi. Disamping itu kemudahan pelanggan saat mencari informasi dan menyampaikan keluhan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Omnichannel CRM - Mobile to Case

Pelanggan yang loyal akan memberikan dampak baik bagi perusahaan, pelanggan loyal akan bercerita tentang penggalaman mereka atas kepuasan layanan yang kita berikan dan memberikan rekomendasi kepada rekan bisnisnya. Inilah pentingnya menjalin hubungan dengan pelanggan (after sales service), eBesha CRM memberikan fitur yang dapat menjalin hubungan perusahaan dengan pelanggannya.

PT Lintas Media Danawa sebagai perusahaan yang mendapatkan CRM Award tiga kali berturut-turut, memberikan solusi eBesha CRM untuk menangani dan mengelola hubugan antar pelanggan dengan perusahaan dan dapat diintegrasi dengan berbagai media channel.

eBesha Digital Experience Solution E: hello@ebesha.net || WA : 0811-8080-580

bottom of page