Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Pelatihan Wifi dari Principal Ruckus untuk Lintas Media Danawa

LMD / BERITA / 0 COMMENTS
December 8, 2017

Pada hari Jumat tanggal 24 November 2017 tim LMD berkesempatan menerima Engineer dari principal Ruckus dalam rangka kegiatan partner enablement di kantor LMD. Kegiatan ini diisi dengan pelatihan hands on untuk tim engineer dan support LMD dalam melakukan provisioning dan konfigurasi perangkat wifi dan controller dari Ruckus. Pelatihan ini dirasa sangat penting bagi LMD karena tim LMD memiliki Layanan Managed Smart-WIFI yang diintegrasikan dengan layanan berbasis Cloud dari LMD. Oleh karenanya tim LMD sengaja mengundang Ruckus, principal yang digandeng LMD dalam memberikan layanan ini ke pelanggan, demikian info dari Moh. Farid Taufiqurrohman, Head Of Cloud & Managed Services Department dari LMD. Selanjutnya pria Lulusan Teknik Informatika ITB ini juga menambahkan bahwa timnya saat ini sangat serius meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk dapat meningkatkan fitur-fitur dari Smart-Wifi ini, oleh karenanya dirasakan perlu untuk selalu berinteraksi dengan principal guna mendapatkan update mengenai teknologi terkini. Dengan layanan Managed Smart-Wifi ini pelanggan tidak perlu direpotkan lagi dengan infrastruktur Wifi nya karena tim LMD yang melakukan disain, instalasi, pemeliharaan baik corective ketika ada problem ataupun preventive untuk memastikan layanan wifi pelanggan dapat berjalan dengan baik.

Memang wifi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Dalam laporan survey Hospitality Technology (HT) tahun 2017 keberadaan wifi menjadi urutan ke-4 dalam alasan memilih suatu restoran untuk tempat makan. HT technology merupakan organisasi nirlaba berbasis research yang membantu industri hotel dan restoran dalam memberikan layanan berbasis teknologi. Tim kami beberapa kali dipanggil oleh calon client untuk melakukan assessment atas infrastruktur wifi mereka, dan setelah dilakukan kami dapat memberikan jawaban atas beberapa masalah di calon client. Beberapa contoh problem yang berhasil kami address adalah masalah koneksi, seperti signal penuh tapi tak bisa connect ke wifi, atau akses lambat padahal bandwith internet masih cukup.

Memang untuk lokasi yang densitas tinggi, seperti di mall, airport, rumah sakit, atau hotel kita harus betul-betul melakukan perhitungan dengan cermat sejak dari melakukan disain. Penempatan wifi sangat bergantung dari layout ruangan dan jenis halangan di ruangan itu. Tim LMD menggunakan software khusus dalam melakukan disain, sehingga penempatan maupun jumlah Access Point yang direkomendasikan sudah melalui perhitungan yang optimal. Selain itu Kami juga menggandeng Ruckus yang memang spesialis untuk kebutuhan wifi bagi pasar dengan densitas pengguna cukup tinggi seperti area publik di mall, hotel, atau airport.

Dalam memberikan layanan kepada pelanggan tim LMD juga dilengkapi dengan Cloud Operation Center yang bekerja 24 jam, melakukan monitoring atas infrastruktur dan layanan wifi pelanggan. Ada beberapa pelanggan yang membutuhkan layanan wifinya bekerja selama 24 jam karena layanan ini bersifat kritikal bagi mereka tapi ada juga yang tidak. Oleh karenanya kami dapat melakukan monitoring mana perangkat yang memang sengaja dimatikan oleh pelanggan after office hours, mana perangkat yang memang tidak hidup karena ada gangguan. System proactive LMD dapat mendeteksi alarm dan tim support dapat segera melakukan pengecekan apakah yang mengalami gangguan itu jaringan wifinya ataukah akses internetnya. Sebagian masalah bahkan sudah bisa diselesaikan sebelum pelanggan dan end users dari pelanggan mengetahuinya. Namun semuanya tetap tercatat di laporan bulanan yang akan disampaikan kepada pelanggan setiap bulan. Laporan ini berisi data-data yang informatif bagi pelanggan mengenai trafik, trend penggunaan wifi, alarm maupun rekomendasi dari tim engineer LMD atas perbaikan yang dibutuhkan pelanggan untuk infrastruktur wifinya.


BERITA TERKAIT