Pentingnya CRM Dalam Mengelola dan Menjaga Loyalitas Pelanggan
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Pentingnya CRM Dalam Mengelola dan Menjaga Loyalitas Pelanggan

Hampir seluruh bisnis saat ini menggunakan strategi CRM untuk mengelola data pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan untuk keberlangsungan bisnisnya. Strategi CRM diaplikasikan ke dalam sistem untuk digunakan dan dijalankan perusahaan dengan tujuan sentralisasi data pelanggan, melihat histori transaksi pelanggan, merampingkan bisnis proses, merekam keluhan pelanggan, efisiensi, dan menjaga keterlibatan pelanggan dengan bisnis yang dijalani.

Seperti pada bisnis perbankan di Indonesia, mereka mengutamakan keterlibatan dan kenyamanan pelanggan. Nyatanya, saat ini hampir di setiap saluran layanan pelanggan dapat kita akses kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya perbankan saja, bisnis hotel saat ini sangat memanfaatkan peranan CRM untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan-nya. Begitu pula pada bisnis ekspedisi, retail seperti supermarket, rumah sakit, F&B dan bahkan UMKM juga memanfaatkan CRM untuk membangun bisnisnya.

 

Mengapa Data Pelanggan Begitu Penting?

Dalam dunia bisnis menyimpan data pelanggan sangat penting sekali untuk memudahkan bisnis dalam operasional-nya. Database yang berisikan nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi dan keluhan yang sudah diutarakan pelanggan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Seperti:

Profil Pelanggan
Perusahaan harus paham bagaimana status dan kondisi pelanggan. Untuk perusahaan harus mengenal profil pelanggan yang dimiliki agar memudahkan dalam membuat strategi pemasaran. Ataupun sebaliknya, dalam kondisi dimana profil pelanggan tidak jelas maka akan kesulitan untuk memasarkan atau menawarkan produk yang dimiliki kepada pelanggan. Selain itu, profil pelanggan seperti nama, no telepon, layanan yang digunakan, sosial media, sangat membantu sekali untuk tim layanan pelanggan. Ketika pelanggan menghubungi call center, maka tim customer service dapat langsung mengetahui nama penelpon tersebut. Tentunya ini akan memberikan kesan baik kepada pelanggan, yang berujung pada peningkatan loyalitas pelanggan.

Sarana Berkomunikasi
Pentingnya data pelanggan sebagai bagian dari komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan secara personal. Inilah yang menjadi salah satu kunci agar para pelanggan lebih loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Gambaran Potensi Pasar
Database lengkap dan akurat akan sangat membantu para pebisnis dalam menentukan potensi pasar dan menganalisis produk yang tepat untuk pembeli yang tepat.

 

CRM Menjaga Loyalitas Pelanggan
CRM Menjaga Loyalitas Pelanggan

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa hal yang harus dilakukan perusahaan untuk mendapatkan profile pelanggan yang memadai, seperti:

Menambah info pelanggan dari waktu ke waktu
Setiap ada kesempatan berkomunikasi dengan pelanggan, selalu dilakukan update data / informasi pelanggan.

Memanfaatkan saluran komunikasi
Memaksimalkan setiap saluran untuk mendapatkan informasi pelanggan.

Mengenal pelanggan lebih dalam
Semakin banyak informasi, semakin dalam perkenalan kita dengan pelanggan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Customer Service

 

Memilih Aplikasi CRM Yang Tepat Untuk Bisnis

Dalam mengelola data dan meningkatkan loyalitas pelanggan, wajib perusahaan untuk memilih Aplikasi CRM yang dapat merampingkan bisnis proses, meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pengalaman pelanggan. Aplikasi CRM harus mampu menyajikan:

Account & Contact Management, sentralisasi data pelanggan pada sistem CRM memerlukan informasi yang akurat dan data-data se-detail mungkin, untuk itu menu account dan contact perlu ada.

Case Management, semua keluhan pelanggan wajib tercatat pada sistem CRM agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan produk.

Omnichannel, keterlibatan pelanggan dengan perusahaan semakin mudah dengan banyaknya pilihan saluran seperti melalui telepon, email, WhatsApp, Telegram, Facebook DM, Instagram DM, Twitter dan live chat pada website perusahaan. Mengadopsi banyak saluran layanan pelanggan atau bisa disebut omnichannel merupakan upaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal.

Report & Dashboard, data yang terekam dalam CRM dapat dijadikan bahan evaluasi oleh manajemen untuk peningkatan produktivitas karyawan dan kelangsungan bisnis.

Mudah di integrasi ke sistem lain, memilih sistem CRM harus yang fleksibel, sehingga jika perusahaan memiliki sistem lain yang di perlukan pada sistem CRM akan lebih mudah untuk di integrasi-kan.

 

Menggunakan CRM pada perusahaan membuat penanganan pelanggan menjadi lebih sederhana dan mudah. Ketika bisnis semakin berkembang, sudah saatnya perusahaan membutuhkan sebuah software yang dapat mempermudah dalam mengelola banyaknya data pelanggan, mengelola keluhan pelanggan dalam satu dasbor dari berbagai pilihan saluran layanan pelanggan dan memantau interaksi dengan pelanggan. CRM merupakan solusi yang dibutuhkan oleh bisnis Anda dan eBesha CRM dapat menjadi pilihan yang tepat menemani bisnis Anda berkembang.

 

eBesha
Digital Experience Solution
E:
hello@ebesha.net || WA: 0811-8080-580


BERITA TERKAIT LMD