Startegi Omnichannel CRM Pertahankan Pelanggan UMKM
Logo Lintas Media Danawa

Startegi Omnichannel CRM Mempertahankan Pelanggan untuk Bisnis Skala Kecil / Menengah (UMKM)

 

Strategi Omnichannel CRM UMKM.
Bagaimana strategi Omnichannel CRM dapat di manfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM.

Tidak hanya bisnis skala besar yang menggunakan Omnichannel CRM, saat ini banyak pelaku UMKM sudah mengadopsi strategi Omnichannel CRM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Kini, mulai terjadi perubahan dalam hal cara berinteraksi para pembeli. Pembeli akan meluangkan waktu untuk membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, bahkan mengecek ulasan pembeli sebelumnya. Intinya, pembeli kini tidak mudah puas dan percaya pada sebuah produk yang ditawarkan sehingga mereka akan menjelajah jauh, bertanya kepada pelaku bisnis, hingga merasa menemukan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini berpengaruh pada bisnis UMKM karena pola konsumsi pelanggan yang berbeda menuntun strategi bisnis yang berbeda pula. Para pelaku bisa mengimbangi perubahan pembeli ini dengan menggunakan pendekatan strategi Omnichannel CRM. Omnichannel CRM bekerja dengan cara menghubungkan semua saluran bisnis yang berbeda. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengumpulkan semua informasi inventaris dan data pelanggan di satu tempat sehingga bisa dikirimkan ke masing-masing channel sesuai permintaan. Ketika Informasi telah bisa didistribusikan dengan lancar, maka Omnichannel pun telah bisa dijalankan.

Setelah data dan informasi pelanggan sudah terkumpul secara sempurna, maka Anda dapat melakukan hal yang membuat bisnis semakin meningkat dari sisi transaksi, meningkatkan pengalaman pelanggan terkait penawaran yang diberikan dan dapat di jangkau dimanapun pelanggan Anda berada dengan promosi secara menyeluruh kepada setiap pelanggan Anda. Hal ini tentunya membuat omnichannel crm menjadi salah satu hal yang sebaiknya diterapkan dalam bisnis UMKM yang dijalani.

Baca Juga: Cara Memilih Aplikasi CRM & Omnichannel yang Baik Untuk Bisnis

 

Mengapa UMKM Harus Menerapkan Strategi Omnichannel CRM?

Menerapkan strategi Omnichannel CRM dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan transaksi dan loyalitas dari Pelanggan.

Prioritaskan Pelanggan
Melakukan evaluasi perjalanan pelanggan setiap titik kontak yang di temui sebelum menjadi pelanggan, akan membantu pelaku UMKM dalam membaca kebiasaan pelanggan sehingga dapat fokus mengutamakan pelanggan dan bekerja untuk memfasilitasi pengalaman pelanggan yang menarik.

Mendapatkan Informasi Lengkap Tentang Pelanggan
Sangat penting bagi tim pemasaran untuk memahami pelanggan. Ini berarti mengembangkan persona pembeli, mengidentifikasi target audiens, dan memahami keinginan, kebutuhan, perilaku, demografi, preferensi, dan tujuan mereka menganalisis dan mengidentifikasi pola dalam preferensi pembeli. Dengan mengetahui tentang pelanggan, pelaku UMKM menjadi jauh lebih mudah untuk memberikan pemasaran yang sesuai.

Segmentasi Pelanggan
Penting untuk mengelompokkan audiens berdasarkan titik data dan karakteristik audiens yang paling penting untuk tujuan bisnis. Data ini dapat mengembangkan segmen berdasarkan persona pembeli, jalur pembelian, status langganan, dan lainnya.

Personalisasi di Seluruh Saluran Pelanggan
Personalisasi adalah elemen paling penting dari strategi omnichannel. Inilah yang membuat pelanggan merasa dihargai dan diprioritaskan. Dengan titik data, otomatisasi, dan alat analisis yang tepat, pelaku UMKM dapat mengirimkan penawaran menarik kepada penerima secara personal. Ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan, mendorong pendapatan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menciptakan konsistensi di seluruh saluran.

Manfaat ini dapat dirasakan jika pelaku bisnis UMKM menerapkan strategi Omnichannel CRM. Salah satu pertimbangan yang dapat jadikan penguat pelaku UMKM menggunakan strategi Omnichannel CRM, dapat dilihat artikel berikut ini.

Startegi Omnichannel CRM Pertahankan Pelanggan UMKM
Startegi Omnichannel CRM Pertahankan Pelanggan UMKM

Omnichannel CRM Memberikan Efisiensi untuk UMKM

Strategi Omnichannel CRM memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, personalisasi pelanggan di setiap titik kontak pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjangkau penawaran menarik Anda ke pelanggan dimanapun berada, melalui saluran yang tepat untuk pelanggan.

Dari sisi budget lebih terjangkau, tidak perlu adanya tim IT yang siap siaga untuk perawatan infrastruktur server, karena aplikasi Omnichannel berbasis SaaS (Software as a Service).

Baca Juga: Bisnis UMKM Akan Melesat Dengan WhatsApp Business API & eBesha Omnichannel CRM

 

Mengoptimalkan Pemasaran Dengan Strategi Omnichannel CRM

Bisnis UMKM dapat meningkatkan transaksi dengan terciptanya pelanggan yang loyal, strategi Omnichannel CRM dapat memberikan beberapa solusi – solusi yang membuat bisnis semakin bertumbuh.

Tersedia Beberapa Saluran Pelanggan
Seperti WhatsApp, Telegram, Email, Telp, Facebook Messenger, Instagram DM, Twitter DM dan Mobile Apps.

Menjangkau Pelanggan Dimanapun Berada
Dengan pesan yang di sebar secara massal, memudahkan bisnis melakukan promosi atau memberikan penawaran menarik kepada pelanggan.

Penanganan Gangguan Termonitor
Adapun untuk peningkatan layanan, pelanggan yang melapor dari berbagai saluran pelanggan dapat ditangani dengan cepat, tepat dan tercatat sehingga pelaku UMKM dapat melihat data tersebut untuk evaluasi, memberikan yang terbaik.

Data Pelanggan Terpusat
Dapat dimanfaatkan untuk melihat pelanggan mana saja yang sudah menjadi pelanggan setia untuk diberikan penawaran yang menarik. Hal ini untuk memberikan pengalaman yang baik untuk pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan.

Banyak hal yang dapat di manfaatkan dengan strategi Omnichannel CRM. Jika Anda pelaku bisnis ingin mencari solusi ini, dapat menggunakan eBesha Omnichannel CRM. Solusi CRM dan Omnichannel di Indonesia, memiliki beragam fitur untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan Anda.

eBesha Omnichannel CRM

Ingin menerapkan strategi Omnichannel CRM? Hubungi kami segera melalu email hello@ebesha.net atau WhatsApp 0811-8080-580.


BERITA TERKAIT LMD