Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan WhatsApp Business API - LMD
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API – Omnichannel CRM
Pesan singkat WhatsApp memang sangat diminati oleh berbagai kalangan, baik dari komunikasi sehari – hari dengan teman  dan keluarga, sampai dengan urusan pekerjaan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi, bahkan saat ini WhatsApp dijadikan saluran interaksi pada layanan pelanggan di perusahaan – perusahaan karena diyakini dapat memudahkan pelanggan saat menghubungi dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Secara official WhatsApp memiliki 3 jenis:

  1. WhatsApp Regular, ini biasa dipakai oleh banyak orang untuk berkomunikasi sehari hari.
  2. WhatsApp Business, diperuntukan untuk para pengusaha, biasanya seperti UMKM atau pengusaha berbasis online. Karena fitur yang ada di WhatsApp ini lebih diperuntukan untuk pebisnis, berbeda dengan WhatsApp Reguler.
  3. WhatsApp Business API, pengembangan dari WhatsApp Business, pada WhatsApp Business API lebih diperuntukan untuk perusahaan yang ingin memanfaatkan WhatsApp untuk keperluan Bisnisnya. Terutama pada layanan pelanggan, ini menjadi fokus pembahasan pada artikel.

 

Apa itu WhatsApp Business API?

Aplikasi WhatsApp yang di manfaatkan untuk bisnis menjalani interaksi dengan pelanggan agar lebih efisien, memberikan kepercayaan pada konsumen terhadap bisnis, memiliki semua fitur yang ada di WhatsApp Business biasa, dan fitur tambahan lainnya agar lebih memudahkan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Apa yang membedakan kedua WhatsApp ini?

Perbedaanya ada pada API (Application Programming Interface). API merupakan interface yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya ataupun dalam satu platform yang sama. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur yang di tawarkan pada WhatsApp Business API, antara lain:

Tanda centang hijau dalam WhatsApp merupakan simbol resmi dari pihak WhatsApp bahwa nomor atau account tersebut sudah terdaftar pada official WhatsApp.
Manfaat untuk perusahaan, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam menghubungi nomor tersebut.

Yang menarik lagi, dengan memanfaatkan WhatsApp API, perusahaan tidak perlu memiliki banyak nomor layanan pelanggan yang hanya akan membuat pelanggan bingung. Hanya perlu satu nomor dengan memanfaatkan WhatsApp API, dan dapat diakses oleh banyak agen. Ini memerlukan peranan penting Omnichannel CRM.

Template dan broadcast pesan menjadi nilai lebih perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Dalam satu waktu perusahaan dapat membagikan pesan kepada pelanggan.
Tidak hanya untuk layanan pelanggan, perusahaan dapat memanfaatkan fitur ini sebagai campaign ataupun untuk penjualan.

Respon yang cepat sangat penting dalam layanan pelanggan. Ketika pelanggan mengirim pesan dan langsung dibalas, tentu saja akan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Apalagi, jika pelanggan dapat menyelesaikan permasalahan mereka sendiri dengan sistem chatbot.

Tentu saja dari berbagai saluran layanan pelanggan semua akan mengerucut dan tersimpan pada sistem CRM. Saat ini sistem CRM sudah dapat terintegrasi dengan omnichannel yang memungkinkan layanan pelanggan menggabungkan berbagai macam saluran ke sistem CRM dan di monitor dalam satu dasbor, seperti pada eBesha CRM.

WhatsApp Business API
WhatsApp Business API

Manfaat WhatsApp Business API & CRM untuk Layanan Pelanggan

Memberikan kemudahan dalam menghubungi layanan pelanggan, sehingga pengalaman terbaik dapat dirasakan pelanggan dan terintegrasi ke sistem CRM untuk tingkatkan produktivitas kinerja agen, efisiensi operasional layanan pelanggan, memberikan respon lebih cepat, mendukung respon otomatis (chatbot), terpusatnya data pelanggan dan keluhan pelanggan.

 

eBesha CRM sudah terintegrasi omnichannel hadir untuk membantu Anda dalam menciptakan pengalaman terbaik untuk pelanggan, karena ketika pelanggan sudah merasakan pengalaman yang memuaskan maka pelanggan akan loyal, tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda.

Konsultasikan kebutuhan di perusahaan Anda kepada kami melalui hello@ebesha.net atau WhatsApp 0811-8080-580

 

eBesha
Digital Experience Solution
E: hello@ebesha.net || WA: 0811-8080-580


BERITA TERKAIT LMD