Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Customer Service - LMD
Logo Lintas Media Danawa
BELANJA
SOFTWARE

Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Customer Service

Terbentuknya tim customer service pada bisnis dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan menciptakan kepercayaan pelanggan untuk selalu terlibat dalam produk atau jasa. Dalam menjalankan sebuah bisnis, selain produk bisnis yang harus maksimal tentu kualitas pelayanan dalam bisnis juga perlu diperhitungkan. Alasannya, ketika pelanggan puas dengan pelayanan maka otomatis mereka akan melakukan transaksi kembali. Jika sebuah bisnis tidak memberikan pelayanan yang baik, tentu akan berdampak buruk pada bisnis dan membentuk opini negatif, hal ini akan berpengaruh pada brand.

Maka dari itu, keterkaitan produk yang baik dan pelayanan yang baik harus dijalankan secara bersamaan. Kepercayaan pelanggan terhadap brand sangat berpengaruh pada profit bisnis, karena pelanggan yang sudah percaya dan loyal tidak akan ragu untuk rekomendasi ke rekan mereka. Untuk mencapai hal ini sangat dibutuhkan kerjasama tim dalam bisnis, mulai dari karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan sampai dengan pimpinan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan CRM

Meningkatkan Kualitas Customer Service
Meningkatkan Kualitas Customer Service

 

7 Cara Meningkatkan Kualitas layanan Customer Service

Berikut 7 cara untuk meningkatkan kualitas customer service yang dapat Anda terapkan pada bisnis.

  1. Memiliki berbagai saluran layanan pelanggan (Omnichannel)

Memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menghubungi layanan pelanggan adalah bentuk upaya menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dan untuk memberikan kecepatan dalam memberikan respon kepada pelanggan, agent atau tim customer service harus diberikan kemudahan dalam respon pelanggan dari berbagai saluran dalam satu dasbor.

  1. Pelayanan Cepat & Tepat

Pelayanan yang di harapkan oleh pelanggan ialah pelayanan yang cepat, namun tantangan bagi customer service tidak sebatas respon dengan cepat saja, akan tetapi tepat. Tepat menganalisa apa yang di butuhkan oleh pelanggan, yang diutarakan pelanggan dan tepat dalam ambil tindakan. Jika keluhan tersebut memerlukan tindak lanjut dan memerlukan waktu maka pelanggan diberikan nomor antrian atau ticket.

  1. Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan keluhan atau percakapan pelanggan merupakan poin penting dalam meningkatkan layanan pelanggan. Terkadang pelanggan yang vokal bicara-nya sebagian dari mereka hanya ingin didengarkan, maka tugas dari tim customer service adalah mendengarkan pelanggan tersebut dengan penuh perhatian agar mereka merasa dihargai dan diharapkan. Setelah pelanggan selesai menyampaikan keluhannya, cobalah berikan tanggapan yang baik dan solusi yang menjawab keluhan mereka.

  1. Memberikan Solusi yang Tepat

Pelanggan yang menghubungi customer service besar kemungkinan ingin melaporkan keluhan dari suatu produk atau jasa yang diberikan. Tugas penting dari customer service selain memberikan respon yang cepat, juga pemecahan masalah yang tepat, agar pelanggan merasakan bahwa mereka menjadi prioritas. Cara ini yang akan menimbulkan pelanggan kembali menggunakan produk atau jasa kita karena after sales yang cepat dalam respon. Pelanggan saat ini memutuskan pilihan baik produk atau jasa tidak semata tentang barangnya saja, tetapi after sales yang mudah dihubungi dan cepat dalam respon.

  1. Service Level Agreement (SLA) Pelanggan Selalu Terpenuhi

Masih berkaitan dengan memberikan respon cepat dan pemecahan masalah yang cepat, yang berujung pada kepuasan pelanggan. Yang harus diperhatikan oleh pebisnis, SLA pelanggan. Jangan sampai melebihi target, karena SLA merupakan perjanjian antara penyedia layanan dengan pelanggan jika terjadi gangguan. Untuk memonitor SLA, sebaiknya perusahaan menggunakan CRM yang dilengkapi reminder saat agent menangani gangguan. Namun tidak semua bisnis yang mewajibkan SLA.

  1. Feedback Pelanggan

Meminta feedback pelanggan sangat penting untuk bahan evaluasi terkait pelayanan yang sudah diberikan, atau produk yang sudah kita jual. Pelanggan yang loyal, pasti tidak akan melewati jika tim customer service meminta feedback.

  1. Gunakan Aplikasi CRM yang Terintegrasi Omnichannel

Beberapa poin diatas sudah beberapa kali membahas tentang perlunya CRM pada layanan pelanggan. CRM memang sangat penting pada layanan pelanggan, khususnya CRM Service. Karena semua data pelanggan akan tercatat dalam CRM, dan keluhan pelanggan juga akan terekam dalam sistem CRM. Saat ini perkembangan teknologi CRM sudah semakin luas, CRM dapat terhubung dengan Omnichannel yang memudahkan tim customer service memonitor dari berbagai saluran layanan pelanggan kedalam satu dasbor CRM.

 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Omnichannel CRM Untuk Layanan Pelanggan Anda

Berikut tujuh cara meningkatkan kualitas customer service. CRM dan Omnichannel menjadi solusi yang tepat untuk menciptakan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan. Jika Anda bisa menerapkan 7 cara tersebut dengan baik, maka bisa dipastikan bisnis Anda akan semakin sukses dan membuat profit ikut bertambah.  eBesha CRM menjadi pilihan yang tepat untuk solusi di bisnis Anda dan Anda bisa jadwalkan Live Demo untuk eBesha CRM yang sudah terintegrasi oleh omnichannel. Hubungi kami segera..

 

eBesha
Digital Experience Solution
E:
hello@ebesha.net || WA: 0811-8080-580


BERITA TERKAIT LMD