Ingin Berlangganan WhatsApp Business API? Ini Caranya! - LMD
Logo Lintas Media Danawa

Ingin Berlangganan WhatsApp Business API? Ini Caranya!

WhatsApp Business API merupakan platform komunikasi antara pemilik bisnis, brand dan pengguna. Segala interaksi pelanggan dan penyedia layanan, seperti pemberitahuan, pesan layanan pelanggan, dan informasi – informasi penting lainnya. Maraknya penggunaan WhatsApp dari Facebook saat ini membuat para pebisnis melibatkan saluran ini sebagai bagian dari operasional bisnis, mereka mengkalim dengan melibatkan WhatsApp Business API dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan-nya dalam menghubungi dan dapat memberikan efisiensi pada operasional.

Baca juga: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan WhatsApp Business API

Namun perlu Anda ketahui, sejak 1 Februari 2022 Facebook memberlakukan sistem perhitungan biaya baru dalam pengiriman pesan melalui layanan WhatsApp Business API menjadi conversation-based pricing. Perubahan ini menjadikan perhitungan biaya berdasarkan conversation yang dilakukan bukan dari per template/session message lagi. Conversation dibagi menjadi dua macam, yaitu: Business-Initiated dan User-Initiated.

 

Apa itu Business-Initiated dan User-Initiated

Pada sistem perhitungan yang baru berdasarkan conversation yang dihitung selama 24 jam setelah bisnis mengirimkan pesan pertama kali. Selama conversation berlangsung, masing – masing bisnis atau pelanggan dapat mengirimkan pesan secara free form tanpa dikenakan biaya.

Business- Initiated
Conversation yang dimulai oleh pemilik bisnis mengirimkan pesan dahulu kepada pelanggan. Untuk melakukan inisiasi ini, pemilik bisnis harus menggunakan template yang sudah disetujui dari pihak Facebook. Inisiasi  dimulai dari pemiliki bisnis mengirimkan pesan pertama, dan akan berakhir pada 24 jam setelah pesan pertama tersebut dikirim. Selama berlangsung, pesan dapat dikirimkan pada pelanggan berkali-kali tanpa dikenakan biaya tambahan.

User-Initiated
Percakapan yang dimulai dari pelanggan mengirim pesan terlebih dahulu kepada pelaku bisnis dan pelaku bisnis dapat membalasnya dengan format bebas tanpa template. Inisiasi ini dimulai dari pesan balasan pertama dari pelaku bisnis yang terkirim, dan berakhir pada 24 jam setelah pesan balasan pertama tersebut terkirim.

Secara penggunaannya Business-Initiated dapat dimanfaatkan perusahaan untuk broadcast promosi, launching produk baru dan informasi lainnya yang dibutuhkan pelanggan. Sedangkan User-Initiated dapat digunakan untuk layanan pelanggan saat ingin menyampaikan aduan/keluhan.

 

Kelebihan WhatsApp Business API

Jika Anda ingin meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap kontak WhatsApp layanan pelanggan di perusahaan, sebaiknya Anda harus menggunakan WhatsApp Business API. Karena beberapa manfaat dan fitur pada WhatsApp Business API ini dapat:

Centang hijau (green tick)
WhatsApp Business API mendukung centang hijau (green tick) pada nomor bisnis yang di daftarkan. Tanda centang ini menunjukan bahwa akun WhatsApp terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis yang sudah terdaftar pada official WhatsApp. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

Satu nomor untuk banyak agent
Berbeda dengan WhatsApp Business yang hanya dapat diakses oleh satu agent standby. Untuk WhatsApp Business API dengan satu nomor dapat diakses oleh banyak agent. Sehingga perusahaan tidak perlu banyak nomor untuk pelanggan menyampaikan pertanyaan atau keluhan.

Mengirim pesan ke banyak kontak (blast)
Seperti yang sudah disampaikan diatas, untuk WhatsApp Business API memungkinkan mengirim pesan secara bersamaan (blast) ke seluruh kontak untuk melakukan promosi atau informasi lainnya ke pelanggan. Sebagai catatan setiap template akan di review terlebih dahulu oleh official WhatsApp, guna memastikan bahwa konten dalam chat blast tersebut bukan hal yang tidak baik.

Merespon pelanggan menggunakan Chatbot
Kelebihan lain dari WhatsApp Business API mendukung integrasi ke sistem chatbot yang mampu merespon pelanggan secara otomatis dan mampu menyelesaikan permasalahan pelanggan tanpa harus terhubung dengan Agent (self-service).

Integrasi ke sistem CRM
Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) mampu mengelola hubungan pelanggan lebih baik. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Baca juga: 7 Trend Teratas Teknologi Layanan Pelanggan 2022

 Menjadi salah satu saluran komunikasi bagi perusahaan, WhatsApp Business API dapat dihubungkan ke sistem CRM agar memudahkan agent dalam memonitor saluran WhatsApp dan saluran komunikasi lainnya (omnichannel).

 

Berlangganan WhatsApp Business API
Berlangganan WhatsApp Business API

Syarat Berlangganan WhatsApp Business API

Bagi pemilik bisnis ingin berlangganan WhatsApp Business API, Anda perlu perhatikan hal ini:

  1. Menyediakan nomor yang akan di daftarkan ke WhatsApp Business API. Jika nomor yang akan dipakai sudah terdaftar sebagai WhatsApp Business biasa, maka Anda perlu menghapus akun terlebih dahulu, agar nomor tersebut bisa di daftarkan sebagai WhatsApp Business API.
  2. Memiliki Facebook Business Manager yang sudah ter-verifikasi. Ini guna memastikan bahwa bisnis Anda benar adanya. Agar terverifikasi, pihak Facebook akan memerlukan dokumen – dokumen perusahaan.

Itulah dua poin penting  yang harus disiapkan perusahaan jika ingin menggunakan dan berlangganan WhatsApp Business API.

 

Jika persyaratan sudah lengkap atau Facebook Business Manager Anda belum ter-verifikasi, dapat menghubungi kami sebagai partner untuk membantu proses pendaftaran WhatsApp Business API, dan hubungkan dengan eBesha Omnichannel CRM agar layanan pelanggan perusahaan Anda dapat memberikan kepuasan pelanggan yang maksimal agar dapat tercipta loyalitas pelanggan. Dengan eBesha Omnichannel CRM, semuanya dapat di kelola dalam satu dasbor, sehingga memudahkan Agent dalam memberikan respon terbaik kepada pelanggan. Diskusikan segera kebutuhan Anda ke hello@ebesha.net atau WhatsApp 0811-8080-580.

eBesha Omnichannel CRM


BERITA TERKAIT LMD